Biodata Chairul Tanjung 2014

Tahun 2014 menjadi salah satu kehebatan sendiri bagi Chirul Tanjung (CT). Bagaimana tidak, tanggal 19 Mei 2014, CT resmi dilantik sebagai menteri perekonomian di Indonesia. Choirul Tanjung merupakan konglomerat Indonesia  yang sudah tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Dunia. CT lahir dari ayah  A.G. Tanjung yang merupakan wartawan Orde Lama yang pada zamannya pernah menerbitkan lima surat kabar beroplah kecil.

Chairul Tanjung



Chairul Tanjung merupakan orang yang pekerja keras. Pada waktu kuliah di kedokteran gigi Universitas Indonesia tahun 1981. CD mengalami kesulitan dana. dari sinilah kemampuan untuk mengelola uang CT terbentuk. CT mulai berbisnis dengan menjual  buku kuliah stensilan, kaos, dan sebagainya. Selanjutnya, CT membuat toko peralatan laboratorium dan kedokteran di bilangan Senen Raya, Jakarta Pusat, namun mengalami kebangkrutan.

CT juga pernah membuat kontraktor namun sekali lagi dia kurang beruntung pada usaha ini. Selanjutnya dia bekerja di dunia baja, kemudian dia keluar dan pindah di perusahaan rotan. Disini awal CT memulai bisnisnya yang cukup berhasil. Melalui perusahaan tersebut CT dan rekannya mendirikan PT. Pariarti Shindutama. Perusahaan ini memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor, dan CT beruntung usahanya kali ini menuai untung besar karena perusahaannya mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu anak-anak dari Italia.

Kemuadian CT membuat perusahaan sendiri karena tidak sepaham dengan temannya. Setelah keluar CT mulai menjalankan usahanya pada bidang keuangan, properti, dan multi media. Perusahan yang biasa dan konon dibeli dengan sangat murah adalah Bank Tugu yang sekarang menjadi Bank Mega. Perusahaan ini merupakan  bank biasa dan sekarnag sudah menjadi bank yang diperhitungkan. Selanjutnya pada tahun 1999, Chairul Tanjung membangun real estate di bandung dengan nama Bandung Supermall.

Chairul Tanjung mulai menanjak dan sekarang sudah berkecimpung juga di dunia pertelevisian dengan mendirikan Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7. Meskipun persaingan di industri pertelevisian semakin ketat, namun CT yakin Trans TV bisa terus berkembang melihat bahwa belanja TV nasional telah mencapai angka 6 triliun setahun dan 70% di antaranya akan diambil oleh televisi.

Selain Trans Corp, CT juga memiliki Para Global Investindo (bisnis keuangan), Para Inti Investindo (media dan investasi) dan Para Inti Propertindo (properti).Yang paling gres adalah akusisi Chairul Tanjung pada Carrefour. Dan pada tahu 2014 Chairul Tanjung dinobatkan Forbes sebagai orang terkaya ke 3 di Indonesia dan Peringkat 375 di dunia dengan Total kekayaan senilai US$ 4 miliar. Selamat ya pak Chairul Tanjung semoga berguna bagi nusa dan bangsa.


PENDIDIKAN Chairul Tanjung


SD Van Lith, Jakarta (1975)
SMP Van Lith, Jakarta (1978)
SMA Negeri I Boedi oetomo, Jakarta (1981)
Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Indonesia (1987)
Executive IPPM (MBA; 1993)

KARIR

Pendiri PT. Pariarti Shindutama
Pemilik Bandung Supermal
Pemilik Trans Corp.
Pemilik Para Group
Komisaris Utama PT Carrefour Indonesia

Buku:
Si Anak Singkong

PENGHARGAAN Chairul Tanjung

Urutan 937 dari 1.000 orang terkaya di dunia versi majalah Forbes
Mahasiswa Teladan Tingkat Nasional (1984-1985) - Penghargaan sebagai anggota civitas akademika yang berjasa kepada fakultas dan universitas
Eksekutif Muda Berprestasi 1992-1993 dari Studio Seven Production, Jakarta (23 Mei 1993)
Soegeng Sarjadi Award

0 Response to "Biodata Chairul Tanjung 2014"

Post a Comment